Kamis, 26 Juni 2008

Browsing Bebas Blokir Lewat Anonymous Proxy

Saat dulu sempat terdengar kabar bahwa akses ke beberapa situs populer seperti YouTube dan MySpace diblokir, teman saya menjadi kebingungan. Maklum, ia adalah seorang yang suka upload film dan sampel musik di MySpace. Sebenarnya, Internet tidak bisa diblokir. Pemblokiran hanya dapat dilakukan pada server yang menyediakan layanan koneksi kepada kita. Nah, untuk membuka situs terntentu yang terblokir, anda bisa melakukan browsing dengan Anonymous Proxy.

Lalu, apa arti Anonymous Proxy itu sendiri? Untuk mudahnya, anonymous proxy adalah jalan belakang yang disediakan untuk mengakses internet. Itu dilakukan dengan mem-forward data dari server tujuan melalui server proxy sehingga ip yang terbaca bukanlah ip server tujuan melaikna ip server proxy. Skemanya bisa digambarkan sebagai berikut:
Kasus: Anda ingin membuka MySpace.
Cara standar: host=www.myspace.com
melalui A.P www.youhide.com: host=www.youhide.com==>www.myspace.com.
Pada beberapa instansi dan organisasi seperti sekolah dan kantor, cara ini bisa dilakukan untuk membuka situs yang diblokir dari server kantor/ sekolah tersebut.
Untuk mencari penyedia anonymous proxy di internet sangatlah mudah. Buka google dan ketik “anonymous proxy”. Akan muncul banyak penyedia layanan ini.

Referensi:
Yahoo Answer-Apa yang dimaksud dengan “anonymous proxy”
YouHide.com-Anonymous Proxy Server
Wikipedia-Anonymous Proxy

0 Comments: